Aneka Info Tentang Kota Tasikmalaya

About

LightBlog

Sunday, December 9, 2018

Wisata Pantai: Cipatujah

Wisata Pantai: Tiga Pantai yang Wajib Dikunjungi di Cipatujah, Tasikmalaya

Wista Pantai Cipatujah
http://www.pikiran-rakyat.com/sites/files/public/styles/medium/public/image/2016/03/sindangkerta.jpg?itok=Pn2Q2ZMC
CIPATUJAH,(PRLM).- Bagi anda yang suka menikmati panorama keindahan pantai, ada baiknya menjelajah ke Kabupaten Tasikmalaya wilayah selatan tepatnya di Kecamatan Cipatujah. Berjarak sekitar 74 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya, Kecamatan Cipatujah memiliki garis pantai yang indah dipandang mata. Seperti pantai selatan pada umumnya, hamparan pantai sepanjang 115 hektare di Cipatujah memiliki gelombang ombak yang cukup besar. Selain itu, banyaknya pohon di tepian pantai, juga menambah keindahan pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan luar Tasikmalaya ini.
Destinasi pantai pertama yang wajib dikunjungi di Kecamatan Cipatujah yakni Pantai Pasanggrahan Cipatujah. Pantai yang terletak di Desa Cipatujah, ini menawarkan keindahan dengan hamparan pasir pantai yang luas. Kepala Seksi Pengembangan Potensi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Taufik menuturkan, setelah porak poranda dilanda Tsunami tahun 2006 silam, Pantai Pasanggrahan mulai bersolek.
Para wisatawan dapat menikmati debur ombak di area gazebo, panggung terbuka, serta menara pandang yang dibangun di area itu. Tak perlu khawatir jika merasa lapar atau kehausan. Di area pantai tersebut, banyak pedagang menjajakan makanan dan es kelapa hijau. Para pedagang di Pantai Pasanggrahan juga menawarkan buah tangan seperti baju khas Pantai Cipatujah, serta makanan lain salah satunya rumput laut.
Bergeser dari Pantai Pasanggrahan Cipatujah, para wisatawan bisa bergeser ke Pantai Sindangkerta, di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah. Pantai Sindangkerta berjarak kurang lebih empat kilometer dari Pantai Cipatujah. Keistimewaan pantai ini, wisatawan bisa melihat taman laut yang indah seluas 20 hektare.
Tidak seperti Pantai Pasanggrahan, di pantai ini, pengunjung bisa berenang sesuka hati karena jarak ombak dengan bibir pantai cukup jauh. Para pengunjung bisa menyewa ban renang dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 10.000 untuk ukuran besar, dan Rp 5000 untuk ukuran satu orang.
Pantai ketiga yang wajib dikunjungi di Cipatujah adalah Pantai Pamayangsari, di Desa Sindangkerta. Di pantai yang berjarak kurang lebih lima kilometer dari Pantai Sindangkerta, pengunjung bisa melihat aktivitas para nelayan Pamayang. Datanglah pukul 10.00 jika ingin melihat nelayan pulang dari melaut. Pengunjung juga bisa membeli hasil tangkapan laut dengan harga yang lebih murah. Dapat pula makan ikan bakar dengan cocolan sambal kecap pedas di pinggiran pantai.
Untuk mencapai pantai di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat ini, dapat mengendarai kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari pusat Kota Tasikmalaya dengan mengikuti jalur berliku-liku menuju Cipatujah dengan kondisi jalan yang relatif bagus. Untuk kendaraan umum, pengunjung bisa menaiki bus rute Tasikmalaya-Cipatujah dari Terminal Indihiang, Tasikmalaya.Menarik untuk dicoba bukan? Selamat berlibur.(Windiyati Retno Sumardiyani/A-147)
Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/wisata/2016/03/06/363406/tiga-pantai-yang-wajib-dikunjungi-di-cipatujah-tasikmalaya

No comments:

Post a Comment

Adbox