Aneka Info Tentang Kota Tasikmalaya

About

LightBlog

Tuesday, December 11, 2018

Bangunan Peninggalan Zaman Belanda Di Kota Tasikmalaya

Bangunan Peninggalan Zaman Belanda Di Kota Tasikmalaya: Lestarikan sebagai Cagar Budaya

Bangunan Peninggalan Zaman Belanda Di Kota Tasikmalaya
https://www.radartasikmalaya.com/wp-content/uploads/2018/01/Box-Rumah-Belanda.jpg
SALAH satu bangunan peninggalan zaman Belanda di Kota Tasikmalaya berada di Jalan Komarasari Kecamatan Tawang. Bangunan rumah ini terlihat sangat terawat dengan baik, walaupun tidak nampak pemilik rumah yang ada. Rumah tersebut masih berdiri dengan kokoh, tidak terlihat bahwa bangunan tersebut peninggalan zaman Belanda. Kondisi bangunan tersebut masih asli tanpa ada perubahan apapun.

Kepala Seksi Budaya dan Tata Nilai Sejarah Kota Tasikmalaya Yayan Sopiyan menceritakan kondisi dalam bangunan peninggalan zaman Belanda di Kota Tasikmalaya tersebut masih asli dan bagus. Semuanya masih terawat dengan baik. Lantai rumah masih menggunakan keramik zaman dulu yang dikenal kuat. Pondasi tembok dan kayu pun masih asli, sehingga rumah tersebut masih terlihat kokoh. “Masih bagusnya kondisi bangunan karena memang perawatan dari pemiliknya masih sangat bagus, hanya yang berubah dari segi warnanya saja,” bebernya kepada Radar, Rabu (24/1).

Pemilik rumah sudah mengetahui kalau bangunan tersebut masuk dalam cagar budaya Kota Tasikmalaya, sehingga tidak ada perobahan pada bangunan tersebut. “Pemilik berjanji tidak akan mengubah bentuk bangunan dan akan merawatnya dengan baik,” katanya.

Ketua Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe Hendar Cunay menceritakan ciri-ciri bangunan zaman kolonial mudah ditebak. Mulai dari pondasi yang kokoh, banyak jendela sebagai ventilasi, memiliki atap tinggi. “Desain bangunan tersebut memang ada fungsinya, sehingga udara yang masuk rumah banyak dan berdampak dengan kesehatan,” bebernya.

Saat ini banyak bangunan kuno di Kota Tasikmalaya mulai tidak diketahui keberadaan dan sejarahnya. Hal ini karena kurang perhatiannya dari pemerintah tempat atau bangunan yang memiliki nilai sejarah. “Kebanyakan saat ini rumah-rumah peninggalan zaman Belanda sudah dimiliki oleh perorangan, sehingga banyak pula bangunan yang sudah diubah bentuknya oleh pemilik tersebut,” paparnya. Kejadian ini sangat disayangkan karena nilai sejarah akan berubah jika bangunan sudah mengalami perubahan. Jangan lupa postingan budaya lainnya: Cagar Budaya di Kota Tasikmalaya di blog ini. Sumber: https://www.radartasikmalaya.com/bangunan-belanda-beratap-tinggi-dan-memiliki-banyak-ventilasi/

2 comments:

  1. 😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini:

    Jual Kaos Dakwah
    Testimoni di >>>Instagram<<<:
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    ReplyDelete
  2. Did you know there's a 12 word phrase you can speak to your partner... that will induce deep emotions of love and instinctual attraction to you deep within his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, admire and look after you with all his heart...

    ====> 12 Words That Fuel A Man's Desire Impulse

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him work harder than before to build your relationship stronger.

    Matter-of-fact, fueling this influential impulse is absolutely important to having the best possible relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll instantly notice him open his mind and soul to you in a way he never expressed before and he'll distinguish you as the only woman in the world who has ever truly interested him.

    ReplyDelete

Adbox